Rabu, 24 April 2019

Buku Panduan Aplikasi Takola SMK 2019 PDF

Posted by on Rabu, 24 April 2019
Takola SMK 2019 - Sistem Manajemen Aplikasi TAKOLA SMK pada hakikatnya adalah merupakan suatu sistem yang mengendalikan proses managemen pemberian bantuan kepada sekolah dari mulai tahap pengusulan oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan pengesahan ke Dinas Pendidikan Provinsi hingga pada proses penentuan calon penerima bantuan oleh Direktirat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali.

Sistem ini diharapakan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan monitoring tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat terpantau dan terkoordinasi dengan baik. Buku manual Panduan Penggunaan Aplikasi TAKOLA SMK ini mempunyai peran straregis mengingat besarnya peran sekolah dalam aplikasi TAKOLA SMK, terutama sebagai acuan dalam pengoprasian sistem ini.

Buku ini tidak hanya bermanfaat bagi Direktorat Pembinaan SMK selaku pengelola utama aplikasi TAKOLA SMK, namun juga sangat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan Provinsi selaku Instansi yang membawahi sekolah langsung khusus nya sekolah menengah kejuruan yang merupakan ujung tombak pengguna aplikasi TAKOLA SMK ini.
Download Buku Panduan Aplikasi Takola SMK 2019 PDF
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Oraganisasi pemerintahan yang berada di bawah Kementerin Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang bertugas untuk membina satuan pendidikan khususnya Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Salah satu program yang terdapat pada Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kujuruan adalah program pemberian bantuan kepada sekolah dan siswanya.

Pengertian Takola SMK

Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, monitoring dan pelaporan bantuan-bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah.

Tujuan

Adapun tujuan yang akan dicapai dari aplikasi ini adalah :
1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemberian bantuan kepada
2. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan
3. Memudahkan sekolah proses monitoring terhadap proses pelaksanaan bantuan
4. Meningkatkan tata kelola dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan bantuan

Penggunaan Takola SMK

Setiap satuan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai hak akses untuk masuk ke dalam aplikasi, hak akses tersebut secara default tanpa melalui tahap proses pendaftaran akun yaitu dengan cara menggunakan akun Dapodik, karena setiap sekolah sudah diwajibkan untuk mendaftarkan diri di Jaringan Pendataan Nasional Dapodik sehingga akun tersebut bisa digunakan untuk mempermudah sekolah masuk ke dalam aplikasi tanpa melalui tahapan pendaftaran. Akun sekolah ini digunakan bagi sekolah untuk melakukan verifikasi data dan pelaporan bagi sekolah yang telah mendapat bantuan. Aplikasi Takola SMK untuk sekolah dapat diakses melalui laman http://psmk.kemdikbud.go.id/takola, berikut adalah contoh tampilan halaman utama aplikasi takola:

Selengkapnya mengenai Panduan tersebut dapat Bapak dan Ibu download pada link dibawah ini dalam bentuk Pdf :

Demikian yang dapat Admin informasikan, semoga file yang tersaji memberikan manfaat dalam kegiatan yang sedang Anda laksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar