Jumat, 10 Agustus 2018

Download Buku Teknik Pengecoran SMK

Posted by on Jumat, 10 Agustus 2018
Salah satu file perangkat pembelajaran yang harus Bapak dan Ibu Guru miliki dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yaitu Sumber belajar. Kelengkapan Sumber belajar tentunya akan membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik dan terarah. Membantu Anda yang mangampu pada jenajang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), Admin pada kesempatan artikel ini akan membagikan file Buku dalam bentuk PDF yaitu untuk Teknik Pengecoran dari Dari Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan , Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dasar dan menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Bagi Bapak dan Ibu Guru yang saat ini sedang mencari dan membutuhkan sumber belajar tersebut untuk kegiatan pembelajaran pada jenjang SMK Kelas 10, 11, 12 Anda dapat download secara lengkap dibawah ini untuk Jilid 1 2 3 Buku Teknik Pengecoran.
Download Buku Teknik Pengecoran SMK

Buku teks pelajaran SMK Teknologi Pengecoran ini telah melalui proses penilaian oleh Badan Standar Nasional Pendidikan sebagai buku teks pelajaran untuk SMK dan telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 45 Tahun 2008 tanggal 15 Agustus 2008.

Pengecoran logam merupakan salah satu metoda pembentukan benda kerja atau bahan baku benda kerja yang telah sejak lama dilakukan bahkan jauh sebelum berkembangnya Ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana bukti-bukti yang ditemukan oleh archaeologist berupa benda kuno seperti koin-koin emas, perak dan perunggu dalam bentuk tiga dimensi dibuat melalui proses pengecoran, artinya paling tidak proses pengecoran sudah dilakukan sejak berkembangnya peradaban manusia.

Dalam berbagai hal benda-benda kerja yang dibentuk melalui proses pengecoran memiliki keunggulan baik sifat maupun efisiensinya pembentukannya, bahkan tidak dimiliki oleh bahan yang dibentuk dengan cara lain, misalnya pada besi/baja tempa, dimana benda-benda tuangan (hasil pengecoran) sifat-sifatnya dapat ditentukan oleh formulasi campuran dan dapat diperbaiki menurut kebutuhan kita, bentuk dan dimensinya dapat dibentuk melalui pengecoran ini, misalnya rongga- rongga, saluran-saluran dan lain-lain yang mungkin tidak dapat dilakukan dengan cara lain, dengan demikian benda tuangan berkembang sejalan dengan moderenisasi teknologi itu sendiri hal ini dikarenakan benda tuangan memiliki keunggulan dan dapat diterima diberbagai jenis produk, seperti permesinan, automotif, listrik dan elektronik, konstruksi/ bangunan gedung, assesoris dan lain-lain. Namun demikian jika kita lihat industri manufaktur yang bergerak dibidang pengecoran ini jumlahnya masih relative kecil dengan kualitas produknya pun masih rendah walaupun ada produk dengan kualitas tinggi tetapi masih dengan teknologi luar negeri. Hal ini menjadi tantangan bagi kita semua agar dapat berkompetisi dengan bangsa lain terutama dalam era globalisasi.

LINK DOWNLOAD:
Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknologi Pengecoran - Jilid 1.pdf
Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknologi Pengecoran - Jilid 2.pdf
Buku SMK Teknologi dan Rekayasa - Teknologi Pengecoran - Jilid 3.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar