Kamis, 16 Agustus 2018

Buku SMK Kearsipan Kelas X Kurikulum 2013 Semester 1

Posted by on Kamis, 16 Agustus 2018
Buku SMK Kearsipan Kelas X Kurikulum 2013 Semester 1
Bagi Anda Bapak dan ibu Guru pada jenjang SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tentunya membutuhkan sumber belajar untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Maka dari itu pada kesempatan artikel ini Admin akan membagikan Buku untuk Kelas X. Buku dalam bentuk Pdf yang Admin bagikan yaitu untuk mata pelajaran Kearsipan untuk kegiatan pembelajaran di semester 1 ganjil. Bagi Bapak dan Ibu yang pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan Buku tersebut, Anda dapat download pada link dibawah ini.

Latar Belakang
Penyimpanan arsip dan penemuan kembali adalah sesuatu kegiatan yang sangat penting dalam pengelolaan surat atau dokumen. Dokumen yang ditata dengan baik akan mempermudah dan mempercepat penemuan kembali apabila diperlukan.

Kunci sukses penataan suatu dokumen tergantung dari banyak faktor, antara lain: kemampuan petugas arsip dan pemilihan sistem penyimpanan arsip yang tepat.

Deskripsi
Bahan ajar ini membahas tentang mata pelajaran kearsipan dengan dengan ruang lingkup hakekat kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan abjad, tanggal, masalah/subyek, wilayah, dan nomor, serta kearsipan dengan pembahasannya meliputi pengertian, bahan dan alat yang diperlukan, merancang pola klasifikasi, prosedur penyimpanan, penemuan kembali dan tes formatif, tugas serta evaluasi.

Hasil akhir yang diharapkan dari pembelajaran bahan ajar ini adalah peserta didik dapat mengelola dokumen dengan menggunakan sistem-sistem yang digunakan secara benar.

Prasyarat
Sebelum mempelajari bahan ajar ini peserta didik sudah menguasai mata pelajaran korespondensi.

Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar
Bacalah dan pahami isi bahan ajar ini untuk memudahkan dalam proses kegiatan belajar.

Bagi Fasilitator
Pastikan bahwa peserta didik yang akan mempelajari bahan ajar ini telah mempelajari bahan ajar-bahan ajar prasyarat secara tuntas.
Bantulah peserta didik dalam mempelajari bahan ajar ini agar pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien.
Identifikasi dan analisislah sarana-prasarana kegiatan belajar yang ada di Sekolah serta dunia usaha dan industri untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran.
Berikan motivasi, bimbingan dan pendampingan agar peserta didik memiliki gairah belajarnya meningkat.

Bagi Peserta Didik
Bacalah dengan cermat rumusan tujuan akhir dari kegiatan belajar ini. Tujuan tersebut memuat kinerja yang diharapkan, kriteria keberhasilan dan kondisi yang diberikan dalam rangka membentuk kompetensi kerja yang akan dicapai melalui bahan ajar ini.
Bacalah dengan cermat dan pahami dengan baik daftar pertanyaan pada “cek kemampuan” sebagai pengukur kompetensi yang harus dikuasai dalam bahan ajar ini. Lakukan ini pada awal dan akhir Peserta didik mempelajari bahan ajar untuk mengetahui penguasaan kompetensi sebagai pencapaian hasil belajar Peserta didik.
Diskusikan dengan sesama peserta didik apa yang telah peserta didik cermati untuk mendapatkan pemahaman yang baik tentang tujuan belajar dan kompetensi yang ingin dicapai dalam bahan ajar ini. Bila masih ragu maka bertanyalah pada fasilitator sampai Peserta didik paham.
Bacalah dengan cermat peta kedudukan bahan ajar, prasyarat, dan pengertian istilah-istilah sulit dan penting dalam bahan ajar ini.
Bacalah dengan cermat materi setiap kegiatan belajar, kerjakan tugas dan jawablah pertanyaan tes kemudian cocokkan jawaban peserta didik dengan kunci jawaban. Lakukan kegiatan ini sampai peserta didik tuntas menguasai hasil belajar yang diharapkan.
Bila dalam proses memahami materi ini peserta didik mendapatkan kesulitan maka diskusikan dengan teman-teman peserta didik atau konsultasikan dengan fasilitator.
Setelah Peserta didik menuntaskan semua kegiatan belajar dalam bahan ajar ini, pelajarilah bahan ajar selanjutnya sesuai dengan yang tertuang pada peta kedudukan bahan ajar untuk Keahlian Administrasi Perkantoran.
Peserta didik tidak dibenarkan melanjutkan kepada kegiatan belajar berikutnya, bila belum menguasai benar materi pada kegiatan belajar sebelumnya.

Tujuan Akhir
Setelah mempelajari bahan ajar mata pelajaran kearsipan ini peserta didik dapat:

Memahami pengertian arsip, dokumen, pustaka, warkat dan kliping
Mengetahui pengertian filling
Mendefinisikan filling system
Menentukan bahan dan alat yang diperlukan untuk penyimpanan
Membuat daftar klasifikasi penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan sistem abjad, tanggal, masalah, wilayah, dan nomor;
Membuat tab atau guide (penunjuk) penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
Menentukan kode penyimpanan arsip (dokumen dan surat) dengan 5 (lima) sistem;
Mengindeks surat/berkas yang ada;
Membuat kartu indeks dari surat/berkas yang ada;
Memberi kode pada surat/berkas yang ada;

Kompetensi
Kompetensi mata pelajaran kearsipan pada bidang keahlian Administrasi Perkantoran kelas X semester I adalah : hakekat kearsipan, kearsipan, filling system atau sistem penyimpanan, kearsipan.

Selengkapnya mengenai Buku untuk jenjang SMK dan MAK tersebut dapat Bapak dan Ibu unduh pada link dibawah ini.
Buku SMK Kearsipan Kelas X Kurikulum 2013 Semester 1 (LINK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar